8 Des 2012

SIAPKAN MENTAL UNTUK MENGHADAPI UN DENGAN TRY OUT

TRY OUT atau sering siswa menyebutnya TO bukan lah hal yang baru bagi siswa, guru atau pun orang tua. TO awalnya diadakan oleh bimbel bimbel, sekarang sudah merambah ke sekolah pun ikut menyelenggarakannya, bahkan pemerintah sendiri ikut serta memprogramkan kegiatan ini, mungkin pemeritah menyebutnya LATIHAN UJIAN yang biasanya dijadwalkan dua sampai tiga kali sebelum pelaksanaan UN.
tidak bisa dipungkiri bahwa pengaruh TO ini cukup besar karena siswa melatih diri dan dikondisikan untuk mengerjakan soal dalam suasana seperti UN baik soal, waktu, lembarjawaban sampai posisi duduk pun sudah diset seperti mau melaksanakan UN sesungguhnya, sehingga siswa tidak panik ketika waktunya tiba karena sudah terkondisikan sejak awal.
memang itulah yang diperlukan oleh siswa selain kesiapan dalam menjawab soal dalam arti menguasai SKL yang akan diujikan, siswa juga harus dipersiapkan  mentalnya untuk menghadapi UN. ketidaklulusan dalam UN bukan hanya disebabkan siswa tidak bisa menjawab soal atau tidak belajar, tetapi bisa jadi karena panik, perlengkapan yang harus dibawanya ketinggalan atau hal-hal teknis lainnya sehingga konsentrasi siswa terganggu dan tidak fokus dalam mengerjakan.
Banyak kejadian di satu sekolah siswa tidak lulus UN mencapai 100 %, masa iya sih?? kok bisa?? mungkin hal itu bisa terjadi bukan karena siswa tidak bisa menjawab soal, bisa jadi pensil yang digunakan tidak sesuai dengan yang distandarkan untuk UN karena tidak pernah diujicoba dulu sebelumnya, atau karena ketika menghapus jawaban yang kurang tepat sehingga ada bagian yang seharusnya ada jadi ikut terhapus atau hal-hal lainnya...
nah.. pengetahuan seperti itu mungkin tidak cukup hanya berulang-ulang disampaikan, tetapi perlu diadakan simulasi, sehingga siswa sendiri yang mengetahui apa yang harus dilakukanya. simulasi-simulai itulah yang sering kita kenal dengan Try Out atau TO.
maka dari pada itu, Saintis peduli benar dengan keadaan siswa yang seperti itu, sehingga kami selalu mengadakan Try Out dalam kala tertentu. pada enam bulan pertama kami menyelenggarakan TO setiap sebulan sekali, sisa bulan berikutnya kami menyelenggarakan setiap dua minggu sekali.
bagi lembaga bimbingan belajar, TO ini pun berguna sebagai alat ukur kemampuan siswa dalam hal peningkatan kemampuan mengerjakan soal, semoga dari upaya demi upaya yang dilakukan bisa menjembatani semua siswa untuk meraih keinginannya amin

Jadwal lengkap TO ke 5 untuk SD, SMP dan SMA (TO ke 5 ini dibuka untuk umum) lebih jelas klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Tipe Kecerdasan Anak