8 Jun 2013

PENGUMUMAN UN SD

JAKARTA—Perbedaan mekanisme pengumuman hasil Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) dengan pengumuman hasil UN SMP dan SMA tahun ini menimbulkan spekulasi bahwa pengumuman hasil UN itu bakal ditunda.  Rumor yang tersiar dari Jakarta itu dipicu ketiadaan penjelasan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sehari menjelang pengumuman yang semula dijadwalkan Sabtu (8/6/2013).
Kendati Kemendikbud melalui akun resmi Twitter, @Kemdikbud_RI, telah menyatakan pengumuman hasil UN SD 2013 paling lambat 8 Juni. “Pengumuman kelulusan UN SD/sederajat dari satuan pendidikan paling lambat tanggal 8 Juni 2013,” tulis @Kemdikbud_RI. Nyatanya sampai dengan Jumat (7/6/2013) malam, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum menyampaikan keterangan resmi terkait pengumuman UN SD 2013.
Sikap Kemendikbud itu berbeda dengan saat menjelang pengumuman hasil UN SMP dan SMA. Kala itu, sehari sebelum disampaikan secara resmi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh mengumumkan hasil UN itu secara umum. Dalam kesempatan itu, Mendikbud  memberikan keterangan pers tentang siswa-siswa yang meraih nilai tertinggi, sekolah dengan nilai rata-rata tertinggi, jumlah siswa yang tidak lulus secara nasional.
Kemendikbud sebelumnya memang menjelaskan bahwa pengumuman hasil UN SD 2013 akan dilakukan oleh pemerintah provinsi. Hal itu dimuat dalam tabel Kegiatan Lanjutan dan Pengumuman UN SD/MI 2013:
No.
Kegiatan
Penanggung Jawab
Tanggal
1
UN Susulan SD/MI, SDLBPenyelenggara UN Satuan Pendidikan13-15 Mei 2013
2
Mencetak dan mendistribusikan blangko surat keterangan hasil ujian nasional (SKHUN) ke provinsi dan luar negeriPenyelenggara Pusat
3
Pengiriman hasil UN SD/MI, SDLB oleh penyelenggara UN Tingkat Provinsi ke Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kotapaling lambat tanggal 3 Juni 2013
4
Pengumuman kelulusan peserta didik SD/MI, SDLB dari satuan pendidikanpaling lambat tanggal 8 Juni 2013
Tetapi merujuk kebiasaan menjelang pengumuman UN SMP dan SMA dan bungkamnya Kemendikbud hingga Jumat malam, rumor tentang kemungkinan ditundanya pengumuman hasil UN SD pun beredar di ibu kota dan terus meluas hingga daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar