8 Okt 2018

10 CARA MEMOTIVASI ANAK YANG PERLU ANDA KETAHUI

Assalamu'alaikum wa rohmatullohi wa barokatuh

Bismillahirrohmaanirrohiim.

Alhamdulillah, setelah sekian lama tidak update. Alhamdulillah hari ini akan admin share

10 CARA MEMOTIVASI ANAK YANG PERLU ANDA KETAHUI

Girl celebrating win in studio Free Photo

Pemerintah Indonesia mewajibkan warga nya mengenyam pendidikan formal baik swasta ataupun negeri. Orang tua pun sangat ingin anak nya  menempuh pendidikan formal setinggi-tingginya.

Tapi, pemilihan sekolah yang dilakukan orang tua, belum tentu membuat anak menjadi nyaman belajar.
Maka, tugas orang tua lah yang harus bisa membantu anak nya dalam proses belajar di rumah agar anak tidak jenuh dalam belajar, dan tidak pula stress.

Mungkin, sudah banyak pengalaman yang bapak/ibu miliki saat mendidik dan memotivasi anak untuk bisa belajar lebih giat dan berprestasi.

Berikut 10 cara yang semoga bisa membantu bapak/ibu untuk memotivasi anak untuk berprestasi.

1.     Tetapkan Target yang Realistis
Target dibutuhkan agar anak mampu bersemangat untuk mencapai tujuannya. Tapi, target atau goal yang ingin dicapai jangan sampai membuat sang anak menjadi  terbebani dan malah membuat nya stress. Contoh nya : jika pada suatu pelajaran, nilai sang anak di bawah KKM, maka targetnya bukan mendapatkan nilai sempurna, tapi mampu mendapat nilai minimal KKM, atau di atas KKM. Target harus dibuat realistis agar sang anak pun merasa percaya diri dan merasa mampu meraih target itu.  Jika target nya tidak realistis, sang anak bukannya merasa mampu, melainkan akan menjadi rendah diri dan pesimis.   

2.     Masuk ke kehidupan anak
Setiap anak memiliki keperibadian yang berbeda. Dan orang tua lah yang harus lebih memahami karakter anak. Apa yang anak suka, apa yang anak tidak suka, apa hobi anak, kesulitan mereka di sekolah ataupun di rumah. Masuklah ke dalam kehidupan mereka agar kita mampu mengenalinya secara utuh dan mampu memberikan nasihat terbaik dengan cara yang sesuai dengan pribadinya.

3.     Bangun kebiasaan membaca
Membaca merupakan sarana penting dalam menambah wawasan. Di era digital sekarang ini, banyak anak yang semakin jarang membaca. Semakin sedikit anak – anak yang menyukai membaca, ini salah satu hal yang membuat mereka menjadi kesulitan mengerjakan soal-soal cerita yang membutuhkan pemahaman sebelum mengerjakannya. Mari mulai membangun kebiasaan membaca, contoh nya dengan membaca artikel setiap hari nya. Membaca juga akan menambah kosakata anak.

4.     Bantu Persiapan Kebutuhan Sekolah
Kebutuhan sekolah setiap jenjang berbeda beda, tapi, seorang anak masih tetap membutuhkan bantuan orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan yang dibutuhkan untuk sekolah. Baik itu dari perlengkapan sekolah, motivasi belajar, mencari tempat les terbaik, dan mendukung pembelajarannya.

5.     Beri Pujian
Memberikan pujian kepada sang anak di waktu yang tepat dapat membuatnya menjadi lebih percaya diri dan lebih merasa dihargai. Berilah anak pujian secukupnya, dalam rangka menambah motivasi nya.

6.     Apresiasi
Apresiasi yang diberikan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contoh nya dengan memberikan full dukungan terhadap pembelajarannya. Atau ketika mereka mampu meraih target yang dibuat.

7.     Dukung Kreatifitas Anak
Selain belajar pelajaran sekolah, setiap anak punya kreatifitas nya masing-masing. Orang tua harus mendukung kreatifitas anak yang positif.

8.     Beri Waktu kepada Anak untuk Melakukan Hobi
Hobi yang dimiliki setiap anak mampu membuatnya lebih refresh dari rutinitas belajarnya setiap hari.

9.     Jelaskan Manfaat Belajar
Menjelaskan manfaat belajar kepada anak dengan harapan mampu membuatnya termotivasi untuk lebih giat belajar dan meraih cita-citanya. Menjelaskan manfaat belajar pun tidak dengan cara yang seperti menggurui, anak membutuhkan komunikasi yang lebih baik.

10. Komunikasi yang Hangat
Dan ini adalah cara memotivasi yang terpenting. Komunikasi yang dibangun dengan anak harus lah yang membuat anak merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat, keluh kesahnya serta meminta solusi dari masalah yang mereka hadapi.

Alhamdulillah, semoga cara ini bisa memotivasi anak anak untuk menjadi lebih berprestasi. Aamiin Ya Robbal ‘Alaamiin J

Source :
lifestyle.kompas.com
tipspengembangandiri.com
health.detik.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar